Kamis, 25 Juni 2009

PEMILIHAN GURU BERPRESTASI KABUPATEN SINJAI

Sinjai utus 4 guru ikuti lomba guru berprestasi tingkat Propinsi

(Media Center Bakominfo)
Sebanyak 4 guru dari berbagai jenjang sekolah di Kabupaten Sinjai dinyatakan lulus penilaian guru berprestasi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sinjai bertempat di Aula Diknas Sinjai, 24 – 25 Juni 2009. Ke empat guru tersebut selanjutnya akan di ikutkan dalam lomba serupa di tingkat Propinsi yang rencana akan digelar awal Juli 2009 mendatang.

Drs. Muh. Aris, salah seorang tim juri kegiatan tersebut menuturkan kepada news media center, Kamis (25/06) jumlah sekolah yang ikut dalam kegiatan kali ini sebanyak 50 sekolah dari berbagai jenjang pendidikan. “Mereka (guru) yang ikut sebanyak 50 orang dari semua jenjang sekolah, mulai dari TK hingga SMA, dengan perincian 6 Taman Kanak-kanak, 20 SD sederajat, 13 SMP sederajat dan untuk SMA sebanyak 11 sekolah” katanya.

Dari hasil tersebut, sebanyak 4 orang guru dinyatakan lulus dan selanjutkan akan mengikuti lomba serupa yang akan digelar di tingkat Propinsi. “Jadi dari proses seleksi yang dilakukan selama 2 hari, kami tetapkan sebanyak 4 guru yang dinyatakan lulus untuk mengikuti seleksi di tingkat propinsi Insya Allah awal Juli mendatang, mereka adalah St. Nurhayati dari TK Pertiwi XI, Marniati dari SD 8 Hilalang Bulupoddo, Muh. Lukman S.Pd dari SMP Negeri 2 Sinjai Utara dan Madalle Agil, M.Pd dari SMA Negeri 2 Sinjai Utara” kata Aris yang juga guru salah satu SMA di Kabupaten Sinjai.

Salah satu peserta yang dinyatakan lulus, Madalle Agil, M.Pd ketika ditemui usai kegiatan menjelaskan proses seleksi guru berprestasi tingkat Kabupaten Sinjai tersebut telah dimulai sejak April 2009 silam. “Jadi sistemnya, panitia menyeleksi guru-guru di tingkat sekolah kemudian di lanjutkan seleksi di tingkat cabang dinas, kemudian mereka di ikutkan untuk seleksi tingkat kabupaten seperti yang sekarang ini berlangsung” terang Madalle.

Menurutnya lagi, materi seleksi yang diikuti oleh para guru tersebut meliputi tes pembuatan perangkat pembelajaran, tes pedagogic, tes kecerdasan social, tes kecepatan berpikir, tes kecerdasan intelektual dan juga karya tulis ilmiah. “Point penilaian tersebut dinilai langsung oleh panitia yang terdiri dari unsur dinas pendidikan nasional, pengawas pendidikan, serta juara guru berprestasi tahun sebelumnya. Khusus untuk karya tulis ilmiah, dilakukan presentasi di hadapan para tim juri, dan tentunya hal tersebut juga merupakan syarat mutlak untuk dapat mengikuti lomba serupa di tingkat propinsi” papar Madalle panjang lebar.

Tidak ada komentar: